PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN BAHASA BALI DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF
Abstrak
Bahasa Bali merupakan salah satu bahasa daerah yang besar di Indonesia. Bahasa Bali memiliki kaidah, sistem, dan tingkatan-tingkatan bahasa sendiri yang disebut dengan anggah ungguh basa Bali/sor singgih basa Bali. Secara formal implenentasi jam mata pelajaran bahasa Bali di sekolah-sekolah masih tergolong sangat minim (hanya 2 jam dalam satu minggu), sementara materi mata pelajaran bahasa Bali itu cukup luas karena meliputi bahasa, aksara dan sastra Balinya. Kurikulum yang dipedomani juga belum menjamin pemerataan dan peningkatan kompetensi baik di pihak guru maupun peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan satu model pembelajaran berdasarkan pendekatan komunikatif dari Brown. Aplikasi metode analisis deskriptif dalam penelitian ini jelas tidak dapat dihindari. Penentuan beberapa informan dilakukan dengan teknik purposive random sampling dan dikembangkan dengan teknik snowball. Sumber data diperkuat pula dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi partisipasi, pedoman wawancara mendalam, rekaman, serta studi dokumen. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran bahasa Bali yang bermakna dan menarik serta SDM guru dan peserta didik yang lebih unggul. Pembelajaran bahasa Bali tidak hanya terbatas pada ranah kogintif saja tetapi sekaligus mencakup ranah afektif dan psikomotor.
Referensi
Emzir dan Rohman, Saifur. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.
Gautama, Wayan Budha. 1985. Cakepan Kerta Basa Bali. Denpasar: PGA Hindu Negeri.
Gautama, Wayan Budha. 2006. Tata Sukerta Basa Bali. Denpasar: CV. Kayumasagung.
Ghazali,Syukur. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komuniukatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Guntur Tarigan, Henry. 1991. Metode Pengajaranb Bahasa 1. Bandung: Angkasa.
Iskjandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Ed. 2008. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Dalam Kerangka Budaya. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Smith, Mark K. dkk. 2010. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: Mirza Media Pusaka.
Tinggen, I Nengah. 1986. Sor Singgih Basa Bali. Singaraja: Rhika Dewata.
Trianto,. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Mediua Grup.