PENGGUNAAN METODE BALI SIMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NYURAT AKSARA LATIN KE AKSARA BALI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 MARGA, TABANAN, BALI

  • I Ketut Suar Adnyana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
  • I Ketut Suartika SMP Negeri 4 Marga, Tabanan, Bali
Kata Kunci: Bali Simbar, Aksara Bali, Nyurat

Abstrak

Kemampuan siswa dalam  nyurat aksara Latin ke aksara Bali tergolong  rendah.Hal ini disebabkan oleh  kurangnya pemahaman siswa terhadap penggunaan pasang aksara. Guru masih menggunakan  metode konvensional dalam pembejajaran. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam nyurat aksara Bali ke aksara Latin diterapkan metode Bali simbar. diharapkan dengan metode Bali sibar dapat meningkatkan keterampilan nyurat aksara Bali dengan program Bali simbar oleh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Marga Tahun pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah  penerapan metode Bali simbar dapat meningkatkan hasil belajar nyurat aksara Latin ke aksara Bali siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Marga,tahun pelajaran 2016/2017 (2) Bagaimana respon siswa kelas IX SMP B Negeri 4 Marga, tahun pelajaran 2017/2016 tentang penerapan metode dalam pembelajaran nyurat aksara Latin ke aksara Bali?.Teori yang digunakan sebagai acuan pada penelitian ini adalah (1) pengertian menulis, (2) pengertian metode Bali simbar, (3) pasang aksara Bali. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Marga tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan dengan metode tes dan metode observasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode bali simbar dapat meningkatkan kemampuan nyurat aksara Latin ke aksara Bali oleh siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Marga. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata skor 70,34 dan terjadi peningkatan pada siklus II, yaitu dengan skor rata-rata 83,36 yang tergolong baik. Dengan demikian penggunaan metode Bali simbar dapat meningkatkan respon siswa dalam nyurat aksara Latin ke aksara Bali.

Referensi

Aqib, Zainal. 2013. Model-model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung:Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara.
Baried, Siti Baroroh, dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Budiarta, I Nyoman. 2013.(Skripsi)“Penggunaan Media Rontal Mentah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Rontal Siswa Kelas VIII B SMP Megeri 4 Tegallalang, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013”. Denpasar : IKIP PGRI Bali.
Hassanuddin WS, dkk. 2007. Ensiklopedi Sastra Indonesia.Bandung: Angkasa.
Isnadewi, Ni Luh Yulia. 2014. (Skripsi). “Penggunaan Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyalin Teks Puisi Bali Anyar Berhuruf Latin ke Dalam Aksara Bali Siswa Kelas X TB4 SMK Pariwisata Dalung Tahun Pelajaran 2013/2014”. Denpasar: IKIP PGRI BALI. .
_____________. 2009. Ensiklopedi Sastra Indonesia.Bandung: Angkasa.
Lubis, Nabila. 2001. Naskah, Teks dan Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Yayasan Media Alo Indonesia.
Maruta, I Ketut. Dkk. 2012. Widya Sastra Bahasa Bali. Denpasar: Tri Agung.
Praniti, I Gusti Ayu Putrika Desi. (Skripsi). 2014. “Penggunaan Metode Tutorial Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Kalimat Sederhana Dengan Aksara Bali Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pertima di Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2013/2014”. Denpasar : IKIP PGRI Bali
Sugono, Dendy, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Yuliaratih, Kadek Ayu Silvia. 2010. Identifikasi Aksara Bali ke Huruf Latin dengan Menggunakan Klasifikasi Template Matching dan K-NN. Institut Teknologi Telkom. Bandung.
Diterbitkan
2019-12-20