PEMBANGUNAN DIGITAL MARKETING PEMASARAN PRODUK & JASA KREATIF PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Dinul Akhiyar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Vivi Nila Sari Program Studi Manajemen, Fakultas dan Bisnis Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Abulwafa Muhammad Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Kata Kunci: kreatif, e commerce, pemasaran digital

Abstrak

Provinsi Sumatera Barat saat ini sedang mengembangakan berbagai sector  Kreatif.  Kreatif yang dikembangkan perlu mendapatkan sentuhan teknologi digital, hal ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi maka pemasaran produk dan jasa pelaku  kreatif perlu dipasarkan dengna memanfaatkan digital marketing. Pengembangan Digital marketing ini dilakukan dengan melakukan analaisa terhadap bentuk pemasaran yang ada saat ini kemudian mencoba membangun sebuah media digital berbasis web e commerce dengan mengedepankan loyalitas Konsumen dengan konsep Customer Relationship Mangement (CRM).

Referensi

Andreani F, “EXPERIENTIAL MARKETING (SEBUAH PENDEKATAN PEMASARAN)”, Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/journals/marketing.
Andriopulos C, Gotsi M, “Benchmarking brand management in the creative industry”, Benchmarking: An International Journal, Vol. 7 Issue: 5, pp.360-372, https://doi.org/10.1108/14635770010359900.
Fitriana A N,Noor I, Hayat A , “PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA BATU (Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu) ,Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2 No. 2, Hal. 281-286.
Hiasdinata, 2009,“Customer Relationship Managemnet (CRM) dan Aplikasinya Dalam Industri Manufaktur dan Jasa” Binus University.
Jones, Jennifer & Trott, Bob, 2001, ‘Getting personal on multiple CRM channels”, InfoWorld, San Mateo: May 7, 2001, Vol 23, lss.19, p.33
Nurjanah S, 2013, “ Analisa Pengembangan Program Bisnis Industri Kreatif Penerapannya Melalui Pendidikan Tinggi”, JMA Vol. 18 No. 2 Oktober - November 2013, Hal 141-151
Martin, E.W., Brown, C.V., DeHayes, D.W., Hoffer, J.A., Perkins, W.C., 2005, “Customer Relationship Management”, Managing Information Technology (5th ed.), Pearson Prentice Hall, pp. 194-196
O’Brien, James A., 2002, “Customer Relationship Management”, Management Information Systems: Managing Information Technology in the E-Business Enterprise (5th ed.), McGraw-Hill Higher Education, pp.128-131.
Tjahyadi R A, “BRAND TRUST DALAM KONTEKS LOYALITAS MEREK: PERAN KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN ARAKTERISTIK HUBUNGAN PELANGGAN-MEREK “,Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006, hal 65 .
Whitaker, Tyler, 2005, “Streamline customer contact”, Landscape Management, Cleveland: Apr 2005, Vol. 44, lss. 4, p.50
http://csrc.lse.ac.uk/asp/aspecis/20050161.pdf
http://www. aspective.com/Solutions/SiebelCRM/Index.aspx
https://kinciakincia.com/berita/3704-industri-kreatif-mudah-bersemi-di-sumatera-barat.html
https://kinciakincia.com/berita/4260-rakornas-iccn-2018padang-menjadi-kota-kreatif-pertama-di-sumatera.html
http://www.sumbarprov.go.id/details/news/10045
Diterbitkan
2019-12-20