PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI FACEBOOK GROUP KENDARI JUAL BELI CEPAT (KJBC)

  • Isalman Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo
  • Abd. Razak Yusuf Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo
  • Farhan Ramdhani I. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo
Kata Kunci: Harga, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Perubahan teknologi informasi internet membawa perubahan pada peningkatan intensitas jual beli online, diantaranya melalui media sosial facebook group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari variabel harga dan kepercayaan, terhadap keputusan pembelian online di  facebook group Kendari Jual Beli Cepat. Jenis penelitian adalah exsplanatory research. Populasi penelitian ini ialah seluruh anggota facebook group Kendari Jual Beli Cepat yang berjumlah 427.000 orang. Dengan menggunakan metode slovin, ditetapkan sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan secara purposive sampling menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online di facebook group Kendari Jual Beli Cepat. Kepercayaan dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian online di facebook group Kendari Jual Beli Cepat. Secara simultan Harga dan Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian online di facebook group Kendari Jual Beli Cepat. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan intensitas keputusan pembelian online maka penjual atau pelapak di facebook group Kendari Jual Beli Cepat, harus menjaga kepercayaan konsumen.

Referensi

Alfatris,Tika Dian. 2013. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli K-Pop (Korean Pop) Album Dengna Sistem Pre Order Secara Online. Skripsi

Arwiedya, Ridky. 2011. Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media, Promosi, Resiko Kinerja, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Skripsi

Ba dan Pavlou 2002.Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce.

Hardiawan, Cahya, Anandya. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi

Jayanti, Dwi, Ratna. Pengaruh Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online ( Kasus Pada Maulina Hijab Jombang). Jurnal. 2015

Kim, Et Al (2004). Factors Affecting Online Search Intention And Online Purchase Intention. Seoul Journal Of Business, 10 (2), 30-31.

Kotler Dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo.

Kotler, P. dan Armstong, G. (2004).Principles Of Marketing. 11th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler dan Armstrong. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehalindo.

Mayer Et Al, 2007.E-Commers Dan Ebussiness.E-Asean Task Fource Undp.

Mayer et al. 2007. E-commers dan E-Bussiness.ASEAN Task Fource UNDP.

Murwatiningsih. 2013. Pengaruh Resiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melakui Kepercayaan. Jurnal.

Ollie. (2008). Panduan Praktis Mendesain Template Joomla. Jakarta: Mediakita.

Solomon. 2009. E-Commers. Jakarta: Pt. Gramedia

Startupbisnis.Com. (2014, April 25).Http://Startupbisnis.Com/Ecommerceindonesia-Data-Dari-Tokopediamenunjukkan-Dominasi-Wanita-Dalamhal-Berbelanja-Online-Baik-Sebagaipembeli-Maupun-Penjual-Online/(Diakses Pada Tanggal 23 Oktober 2019 Pada Pukul 14.00 Wib).

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset,

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Andi Offset.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. E-Bussiness. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset.Yogyakarta.

Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2004).Electronic Commerce: A Managerial Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Diterbitkan
2019-12-20