PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN PASRAMAN KILAT TINGKAT DASAR

Studi Kasus Kegiatan Pasraman Kilat Tingkat Dasar Desa Pekraman Kekeran

  • I Made Astra Winaya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
Kata Kunci: pasraman kilat, sekolah dasar, kecerdasan interpersonal

Abstrak

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh keinginan kuat peneliti untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kegiatan pasraman kilat tingkat dasar  dalam membentuk kecerdasan interpersonal pesertanya.  Kegiatan pasraman kilat tingkat dasar  ini dirancang  untuk memenimalisir dampak negatif dari  permainan  game  online yang  menyebabkan  kecerdasan  interpersonal  anak  kurang  berkembang  dan cendrung  individualistis karena kurangnya interaksi  dan  komunikasi  dengan  teman-temannya.  Kegiatan pasraman kilat merupakan strategi yang dapat  mendorong  anak  lebih  mampu  melakukan  pertemanan,  berinteraksi  dan  bersosialisasi dengan baik. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendapatkan  informasi  empiris  tentang  kegiatan pasraman kilat tingkat dasar dalam membentuk kecerdasan interpersonal siswa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi  yang dilaksanakan di Desa Pakraman Kekeran-Selanabwak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.  Desain penelitian  ini adalah desain penelitian kualitiatif dengan  metode studi kasus. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V dan VI SD Se-Desa Selanbawak yang berjumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara. analis data yang diperoleh dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan  hasil  penelitian  didapat  informasi  bahwa perkembangan kecerdasan interpersonal siswa berkembang baik. Kemampuan menunjukkan (1)  sikap mampu bermain bersama, (2) Sikap mampu membedakan teman yang bersedih, marah dan senang, (3) Sikap mau bermain bersama dan berinteraksi dengan teman sebayanya,(4) Sikap menunjukkan minat atau kemauan  terhadap permainan yang berkelompok atau bertim, (5) Sikap memerima teman dengan jenis kelamin yang  berbeda,  (6)  Sikap  memerima  keadaan  fisik  teman,  (7)  Dapat  mandiri  dan  terlepas  dari   orangtua, (8)Menunjukkan  respon  simpatik  kepada  teman  maupun  oranglain,  (9)  Memahami  akibat  jika  melakukan  pelanggaran  dan  beranitanggungjawab,  (10)  Berbicara  serta  mendengarkan  pembicaraan  oranglain  terlebih dahulu,  (11)  Menunjukkan  senang  membantu  teman-temannya.  Sikap  tersebut  muncul  pada  saat  siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pasraman kilat tingkat dasar di Desa Pakeraman Kekeran-Selanbawak.

Referensi

Hede, Andrew. 2007. The Shadow Groups; Towards an Explanation of Interpersonal Conflik in Work Groups. I (22), Hlm. 25-39
Nurunnisa, Euis Cici. 2017. Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini . Jurnal Tunas Siliwangi No. 2 Vol. 2 tebitan Oktober 2017. Hlm. 10 -17
Sagala, Dewi. Dkk. 2014. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang. PAUDIA. 1 (1), Hlm. 112-132
Santoso, A & AMaulidah, N. 2012. Permainan konstuktif untuk meningkatkan multiple intelligences (visual-spasial dan interpersonal. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. I (2), hlm. 27-47
Semiawan Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta: Prehallindo
Soetjiningsih. 2015. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sujiono, Yuliani Nurani & Sujiono, Bambang. (2013) Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sheridan, D. Mary. 2011. Play In Early Childhood From Birth To Six Years (Third Edition). London & NewYork: Routledge.
Suyono, Hadi. 2007. Social Intelligence (Cerdas Meraih Sukses bersama Orang lain dan Lingkungan).Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tai, F. 2014. Exploring multiple intelligences. The Journal of Human Resource and Adult Learning. I (10), hlm. 11-21
Yaumi, Muhamad & Ibrahim, Nurdin. 2013. Pembelajaran berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana.
Winaya, I Made Astra. 2017. “Efektifitas Pengembangan Nilai-nilai Karakter pada Peserta Pasraman Kilat Tingkat Dasar di Desa Pakraman Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2017.
Winaya, I Made Astra. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2018.
Winaya, I Made Astra. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III SD Dwijendra ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa”. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1 April 2019. ISSN: 2527-5445. Tersedia dalam http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Diterbitkan
2019-12-20