PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN PASRAMAN KILAT TINGKAT DASAR
Studi Kasus Kegiatan Pasraman Kilat Tingkat Dasar Desa Pekraman Kekeran
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan kuat peneliti untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kegiatan pasraman kilat tingkat dasar dalam membentuk kecerdasan interpersonal pesertanya. Kegiatan pasraman kilat tingkat dasar ini dirancang untuk memenimalisir dampak negatif dari permainan game online yang menyebabkan kecerdasan interpersonal anak kurang berkembang dan cendrung individualistis karena kurangnya interaksi dan komunikasi dengan teman-temannya. Kegiatan pasraman kilat merupakan strategi yang dapat mendorong anak lebih mampu melakukan pertemanan, berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi empiris tentang kegiatan pasraman kilat tingkat dasar dalam membentuk kecerdasan interpersonal siswa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilaksanakan di Desa Pakraman Kekeran-Selanabwak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Desain penelitian ini adalah desain penelitian kualitiatif dengan metode studi kasus. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V dan VI SD Se-Desa Selanbawak yang berjumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara. analis data yang diperoleh dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapat informasi bahwa perkembangan kecerdasan interpersonal siswa berkembang baik. Kemampuan menunjukkan (1) sikap mampu bermain bersama, (2) Sikap mampu membedakan teman yang bersedih, marah dan senang, (3) Sikap mau bermain bersama dan berinteraksi dengan teman sebayanya,(4) Sikap menunjukkan minat atau kemauan terhadap permainan yang berkelompok atau bertim, (5) Sikap memerima teman dengan jenis kelamin yang berbeda, (6) Sikap memerima keadaan fisik teman, (7) Dapat mandiri dan terlepas dari orangtua, (8)Menunjukkan respon simpatik kepada teman maupun oranglain, (9) Memahami akibat jika melakukan pelanggaran dan beranitanggungjawab, (10) Berbicara serta mendengarkan pembicaraan oranglain terlebih dahulu, (11) Menunjukkan senang membantu teman-temannya. Sikap tersebut muncul pada saat siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pasraman kilat tingkat dasar di Desa Pakeraman Kekeran-Selanbawak.
Referensi
Nurunnisa, Euis Cici. 2017. Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini . Jurnal Tunas Siliwangi No. 2 Vol. 2 tebitan Oktober 2017. Hlm. 10 -17
Sagala, Dewi. Dkk. 2014. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang. PAUDIA. 1 (1), Hlm. 112-132
Santoso, A & AMaulidah, N. 2012. Permainan konstuktif untuk meningkatkan multiple intelligences (visual-spasial dan interpersonal. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. I (2), hlm. 27-47
Semiawan Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta: Prehallindo
Soetjiningsih. 2015. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sujiono, Yuliani Nurani & Sujiono, Bambang. (2013) Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sheridan, D. Mary. 2011. Play In Early Childhood From Birth To Six Years (Third Edition). London & NewYork: Routledge.
Suyono, Hadi. 2007. Social Intelligence (Cerdas Meraih Sukses bersama Orang lain dan Lingkungan).Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tai, F. 2014. Exploring multiple intelligences. The Journal of Human Resource and Adult Learning. I (10), hlm. 11-21
Yaumi, Muhamad & Ibrahim, Nurdin. 2013. Pembelajaran berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana.
Winaya, I Made Astra. 2017. “Efektifitas Pengembangan Nilai-nilai Karakter pada Peserta Pasraman Kilat Tingkat Dasar di Desa Pakraman Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2017.
Winaya, I Made Astra. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2018.
Winaya, I Made Astra. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III SD Dwijendra ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa”. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1 April 2019. ISSN: 2527-5445. Tersedia dalam http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW