PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

  • Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini Program Studi Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra Denpasar, Indonesia
  • G.A Mas Darwati Program Studi Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra Denpasar, Indonesia
Kata Kunci: RPP tema Air Bumi dan Matahari di kelas II, pembelajaran tematik terpadu, Tri HIta Karana, Kurikulum 2013

Abstrak

Pengembangan RPP tema Air Bumi dan Matahari ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Pengembangan RPP hanya dilakukan pada tahap development. Rancangan awal perangkat yang dihasilkan disebut draf 1, divalidasi oleh ahli dan praktisi kemudian dianalisis dan direvisi dihasilkan perangkat yang disebut draf 2, selanjutnya draf 2 dilakukan uji lapangan terbatas di 9 sekolah dasar Gugus Pandu Kecamatan Jembrana. Metode penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dengan menggunakan parameter validitas, kualitas rancangan produk RPP dan persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu. Hasil diperoleh bahwa hasil validasi ahli dan praktisi rancangan RPP tema Air Bumi dan Matahari capaiannya 0, 907 maka rencana pelaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik  dan layak digunakan, sedangkan keterlaksanaan RPP dengan nilai rata-rata 88,47 yang termasuk kategori 3/baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran,  dan tingkat persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu meliliki kategori baik dengan nilai  rata-rata skor 83,73. Dari temuan hasil penelitian disimpulkan pengembangan produk RPP tema Air Bumi dan Matahari di kelas II memenuhi kriteria baik, praktis, dan efektif untuk dilaksanakan.

Referensi

Agung, A.A.Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, N. 2012. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. Dessy, 2013:2)

Dantes, N. 2013. Kinerja Pendidik dan Implementasi Kurikulum 2013. (Tinjauan dari dimensi Profesionalisme Guru)Disampaikan dalam Seminar Kajian Persekolahan Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Undiksha Denpasar, 23 September 2013.

Dantes. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Raja GrafindoPersada.

Permendiknas Nomer 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Depdiknas, Citra Umbara.

Diterbitkan
2019-12-20