PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN KEBERMAKNAAN BELAJAR

  • Ni Luh Gede Karang Widiastuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
  • I Putu Edy Purnawijaya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
Kata Kunci: pembelajaran tematik, kearifan lokal, hasil belajar, kebermaknaan belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan kebermaknaan belajar dengan menggunakan desain pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal. Penelitian ini, penelitian tindakan kelas model Stringer yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen soal, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil dan kebermaknaan belajar. Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan ketuntasan hasil belajar tematik pada muatan Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn secara berturut-turut pada siklus I 72,5%, 52,5%, dan 65%. Kemudian meningkat pada siklus II yaitu 90%, 75%, dan 77,5%. Selanjutnya peningkatan kebermaknaan belajar pada kategori sangat bermakna ditunjukkan pada siklus I sebesar 87,5 % dan meningkat menjadi 95% disiklus II. Dengan demikian, penerapan pembelajaran tematik integratif alternatif berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil dan kebermaknaan belajar peserta didik kelas 4 SD No 2 Sesetan.

Referensi

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017, June). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teching. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Amirudin, A., & Widiati, U. (2017, June). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Anwar, M. F. N., & Ruminiati, S. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa.

Arifin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 16-25.

Aryawan, I. P. E., & Syahruddin, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Dewi, N. W. B. S., Kristiantari, M. R., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2014). Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Dian, I. M., Sumarmi, S., & Santos, A. (2017, June). Pembelajaran Kontektual untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Drake, S. M. (2012). Creating standards based integrated curriculum: the commom core state standards edition. California: Corwin Press A sage Publication.

Martawijaya, M. A. (2015). Buku Fisika Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Dan Ketuntasan Belajar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10(3).

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107-121.

MS, Z. (2014). PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR (ACTION RESEARCH DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR). Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 83-91. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1363

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAYANGHETUM (GAMBAR WAYANG HEWAN DAN TUMBUHAN) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI KELAS IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65-70. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865

Saputri, A. T. W., & Mawardi, M. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendas, 4(2), 104-114.

Sukerti, N. N., Marhaeni, A. N., & Suarni, N. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21-28.

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi k ontruktivistik. Prestasi Pusaka:

Jakarta.

Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.

Yaumi, M., & Damopoli, M. (2014). Action Research Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Diterbitkan
2019-12-20