TEKNIK PENGAJARAN ENGLISH FOR GUIDING BERBASIS ETNOPEDAGOGI
Abstrak
Etnopedagogi merupakan tren pembelajaran yang mengintregasikan pembelajaran dan kearifan lokal termasuk dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik mengajar English for guiding pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra yang berbasis etnopedagogi. Data diperoleh melalui metode observasi dan wawancara kepada 2 dosen yang mengajar English for guiding. Dari hasil observasi dan wawancara diperoleh 7 teknik dalam pengajaran yakni (1) role-play, (2) brainstorming, (3) storytelling, (4) interview, (5) reporting, (6) picture describing, dan (7) find the difference. Dalam penerapannya dosen selalu menhubungkan dengan kearifan lokal yang ada di Bali.
Referensi
Aboe, R.M. 2016. Enhancing Students’ Speaking Interest through News Reporting Technique. http://bit.ly/2OxzXAZ. Diakses pada 3 November 2019.
Fadilah. 2016. Teaching speaking by role-playing activity. OKARA Journal of Languages and Literature. 2 (10). http://bit.ly/2KUk7hc. Diakses pada 3 November 2019.
Kemendikbud. 2014. Konsep dan implementasi Kurikulum 2013. https://kemendikbud.go.id/. Diakses pada 3 November 2019.
Krebt, D. M. 2017. The Effectiveness of Role Play Techniques in Teaching Speaking for EFL College Students. Journal of Language Teaching and Research. 8(5). pp. 863-870. DOI: http://dx.doi.org/10.17507/jltr.0805.04. Diakses pada 3 November 2019.
Kumbhar, K.N. 2018. Brainstorming technique: Innovative Quality Management Tool for Library. Conference Paper. Retrieved: http://bit.ly/37MyUEy. Diakses pada 3 November 2019.
Mardiana. 2016. (Brainsrtorming) Terhadap Kemahiran Berbicara Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Bintantahun Pelajaran 2016/2017. http://bit.ly/2XUoC0C. Diakses pada 3 November 2019.
Miller, S., & Pennycuff, L. 2008. The Power of Story: Using Storytelling to Improve Literacy Learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1(1), 36-43.
Muslimah, A., Alim, M.L., & Ayu, C. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun dengan Penerapan Metode Tanya Jawab. Journal on Early Childhood. 1 (1). Retrieved from http://bit.ly/34ve7U9. Diakses pada 3 November 2019.
Republik Indonesia. 2014. Pereaturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 tentang muataan lokal kurikulum 2013. Jakarta.
Styarini, A. & Pratiwi, D. (2016). Improving Speaking Skills through Pictures for Grade VIII Students of SMPN 2 Tempel. Retrieved from http://bit.ly/2QZUHCN. Diakses pada 3 November 2019.
Tilaar, H.A.R. 2015. Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas.
Utari, Unga. dkk. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. , 1 (1): 39-44.