PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017

  • I Komang Purwita Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Kinerja Perusahaan

Abstrak

Mekanisme untuk memperbaiki citra perusahaan dan meningkatkan nilai perusahaan adalah dengan memperbanyak bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungannya atau lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility. Selain itu profitabilitas juga masih menjadi
perhatian yang penting bagi perusahaan sehingga perlu dilakukan pengujian mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Corporate Social Responsibility
pada nilai perusahaan melalui profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia, dengan objek penelitian perusahaan manufaktur periode 2015 - 2017. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regresion Analysis (MRA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan, maka nilai perusahaan akan semakin tinggi. Profitabilitas tidak mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan manufaktur yang tergolong perusahaan ekonomis, yaitu perusahaan yang memiliki keuntungan yang tinggi namun anggaran untuk pelaksanaan CSR rendah. Jadi sebesar apapun tingkat profitabilitas perusahaan tidak dapat mempengaruhi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan 

Referensi

Bursa Efek Indonesia (BEI). Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan, diakses pada tanggal 28 Juli 2019 dari www.idx.co.id
Bramono, Eduardus. 2008. Tanggung Jawab Sosial dan Profitabilitas Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Dianawati, Cici Putri dan Fuadati. 2016. Pengaruh CSR Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan:Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.5 No. 1.
Handoko, Hani. 2010. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Edisi kedua, BPFE UGM Yogyakarta.
Handriyani, Arik Novia. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 2 No.5.
Latupono, Siti Sapia. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan :Good Corporate Governance Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 4 No. 8.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Puspaningrum, Yustisia. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan
Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramona, Suci. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu
Ratih, Suklimah dan Yulia Setyarini. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pertambangan Yang Go Public Di BEI. Jurnal Akuntansi Akrual 5 (2) : 115-132. Universitas Widya Kartika Surabaya
Saedah, Zuhro. 2015. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Sartika, Milda Unik, Nungky Viana Feranika dan Koko Denik Wahyudi. 2015. Rasio Aktivitas Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Pada Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Majalah Ilmu “DIAN ILMU” Vol. 15 No. 1. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta.
Suryati, Alfonsia Klofilda, Agus Wahyudi Salasa Gama dan Ni Putu Yeni Astiti. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nila Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016). Jurnal Forum Manajemen Vol. 17 No. 2.
Susilowati, Juliya. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5.
Wijaya, Mateus. 2017. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2012-2014). JOM Foken Vol. 4 No.1. Universitas Riau Pekanbaru Indonesia.
Yunita, Indah. 2011. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Kebijakan Deviden, Size, Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur periode 2005-2012. Skripsi. Universitas Diponegoro.
Diterbitkan
2019-12-20