POTENSI KEBUDAYAAN LOKAL BALI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dewa Made Dwicky Putra Nugraha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
Kata Kunci: kebudayaan lokal, keterampilan abad 21

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan abad 21, dan 2) menganalisis dan mendeskripsikan potensi aktivitas berbasis budaya lokal untuk anak usia sekolah dasar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah beberapa tokoh budayawan Bali. Pengumpulan data dilakukan melalui tinjauan pustaka, pedoman wawancaran, dan pencatatan dokumen. Data yang diperoleh, dianalisis, dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, keterampilan abad 21 pada siswa sekolah dasar adalah 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation). Potensi aktivitas berbasis budaya lokal yang dapat mendukung pengembangan keterampilan communication adalah pengucapan salam, mesatua, dan gending Bali; pengembangan keterampilan collaboration didukung oleh aktivitas permainan tradisional Bali seperti megoak-goakan dan lainnya; pengembangan keterampilan critical thinking and problem solving didukung oleh aktivitas mesatua bali; dan pengembangan keterampilan creativity and innovation didukung oleh aktivitas prakarya sarana persembahyangan tradisional Bali meliputi canang, gebogan dan klakat.

Referensi

Dharmayuda, Suasthawa I. M. 1995. Kebudayaan Bali. Denpasar: CV Kayumas Agung.

Dwi Guna, I G M. 2014. Made Taro Mendongeng dan Bermain Sepanjang Waktu Yogyakarta : Media

Kreatifitas Yogyakarta.

Mahasneh, J., & Thabet, W. (2015). Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause

Analysis for Soft Skills Gap. ASC Annual International Conference Proceedings, 1-8.

Partnership for 21st Century Skills. 2006. Framework for 21st century learning. Retrieved April 2014

from http://www.p21.org/documents/ProfDev.pdf

Republika.co.id, 2016. “Strategi 4C untuk tingkatkan mutu pendidikan di abad 21 oleh Anies

Baswedan”. Tersedia pada: https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/02/06/o24uep284-strategi-4c-untuk-tingkatkan-mutu-pendidikan. Diakses pada tanggal 22 november 2019

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis,metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sindonews.com, 2019. “China Menguasai Ekonomi Digital”. Tersedia pada:

https://ekbis.sindonews.com/read/1437527/34/as-china-kuasai-ekonomi-digital-1567908195. Diakses pada tanggal 22 november 2019.

Statitsta, 2018. “Data negara eksportir terbesar di Dunia”. Tersedia pada:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/06/tiongkok-negara-eksportir-terbesar-pada-2017. Diakses pada tanggal 22 november 2019.

Widyosiswoyo, Supartono. 2004. Ilmu Budaya Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Diterbitkan
2019-12-20