PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, KINERJA KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018

  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati, Denpasar
  • I Putu Alek Suambara Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gde Bagus Brahma Putra Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Kata Kunci: kebijakan dividen,, likuiditas, profitabilitas,, solvabilitas,, pertumbuhan perusahaan,, investment opportunity set

Abstrak

Kebijakan dividen merupakan keputusan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan setelah
perusahaan beroperasi dan memperoleh laba. Kebijakan dividen menyangkut masalah penggunaan
laba yang menjadi hak para pemegang saham atau keputusan apakah laba yang diperoleh
perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau ditahan guna
pembiayaan investasi di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali
pengaruh variabel likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, pertumbuhan perusahaan dan investment
opportunity set terhadap kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan
manufaktur di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Penentuan sampel menggunakan
metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 47 perusahaan manufaktur dengan total
amatan sebanyak 141. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pertumbuhan perusahaan dan
investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen sedangkan variabel
profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen namun variabel
solvabilitas berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen.

Referensi

Afriani, Fillya, Ervita Safitri dan Rini Aprilia. 2015. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Growth Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal
Manajemen. Fakultas Ekonomi STIE MDP. Palembang.
Aristantia, Dwi dan I Made Pande Dwiana Putra. 2015. Investment Opportunity Set dan Free Cash Flow pada Tingkat Pembayaran Dividen Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, h: 220-234.
Ayu, Titie Kharisma. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Investment Opportunity Set, Leverage dan Growht terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Akuntansi. Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Edisi Kesebelas. Edisi Indonesia. Buku II. Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, Sisca Christianty. 2008. Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Utang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap
Kebijakan Dividen. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.10, No.1. Jakarta. April 2008. h: 47-58.
Dhira, Nindi Septia One, Novi Wulandari dan Nining Ika Wahyuni. 2014. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Djasuli, Mohamad, Gabrila Aniza Putri dan Gita Arasy Harwida. 2012. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Tingkat Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Infestasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura.
Eko, Yudha S, Elok Sri Utami dan Sumani. 2014. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Otomotif di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23. Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Halim, Junaedi Jauwanto. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2008-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Vol. 2 No. 2.
Diterbitkan
2019-12-20