EFEKTIFITAS METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BERBASIS DIGITAL PADA ANAK USIA DINI DI ERA INDUSTRI 4.0

  • Eriqa Pratiwi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
Kata Kunci: anak,, metode bercerita,, media digital,, revolusi industry 4.0

Abstrak

Anak merupakan bagian dari perkembangan pada zaman revolusi industri 4.0. Berbagai
survei dan penelitian sebelumnya telah menunjukan bahwa tren saat ini anak telah mengenal
berbagai macam produk teknologi. Anak usia dini khususnya di Indonesia telah mencapai titik
kritis dalam hal penggunaan gadget (HP). penggunaan media digital bagi anak usia dini yang tanpa
kontrol dari orang tua akan menyebabkan perkembangan anak berjalan ditempat bahkan
mengalami kemunduran.Metode bercerita merupakan salah satu kegiatan efektif penanaman sikap
prososial serta mengembangkan imajinasi anak.Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan media
berbasis digital sebagai sarana penyampaian isi cerita. Metode bercerita dengan media
digitalmenjadi solusi yang tepat karena orangtua dan guru dengan mudah dapat mengakses melalui
gadget maupun tablet PC.Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui efektifitas penggunaan
metode bercerita dengan media digital terhadap perkembangan anak pada pendidikan keluarga, b)
mengetahui efektifitas penggunaan metode bercerita dengan media digital dalam proses
pembelajaran di lembaga PAUD, c) jenis media digital apa yang paling efektif digunakan oleh
orang tua dan lembaga PAUD sebagai sarana penunjang perkembangan anak.Penelitian ini
menggunakan metode studi pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian terdahulu mengenai
Efektifitas metode bercerita dengan media berbasis digital pada anak usia dini di era industri 4.0.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta PT Rineka Cipta.
Bernard, Robin R. (2008). Digital storytelling: A Powerful Technology Tool For the 21st Century Classroom.
Fadilah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handoko. 2018. Gangguan berbicara. 5(2), 1–10. Online: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30820.17285
Haryono, Arif dkk. 2007. Teknik Pembuatan Presentasi Menggunakan Power Point & SWISHmax. Informatika: Bandung.
Krippendoff, Klaus. 1993. Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.
Limarga. 2017. Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan
Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Vol.3 | No.1 | April 2017 Tunas Siliwangi Halaman 86 –104 86.
Melissa. 2015. Budaya Digital Dan Perubahan Konsumsi Media Masyarakat. Jurnal Publikasi.
Nuraini. 2013. Mengembangkan Pendidikan Nilai Budi Pekerti Pada Pendidikan Anak Usia Dini: Mengedepankan Kearifan Budaya Lokal. Kudus: Universitas Muria Kudus (Online) www.eprints.umk.ac.id Diakses pada 6 Desember 2013.
Prananta.2017. Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Tematik Di Sd . Jurnal Publikasi Univesitas Negeri Malang.
Prasetya. 2016. Buku Digital Cerita Anak Berbasis Mobile. TEKNO, Vol 26 September 2016, ISSN : 1693-8739
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sukirman. 2016. Digital Storytelling Interaktif Dan Menggembirakan Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Publikasi Undang-undang Sisdiknas tahun .2003.
Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Diterbitkan
2019-12-20