PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI

  • Ni Made Ayu Bali Pertiwi Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yuria Mendra Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Santana Putra Adiyadnya Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi

Abstrak

Pemahaman akuntansi merupakan sejauh mana kemampuan seseorang dalam memahami akuntansi baik sebagai seperangkat pengetahuan maupun sebagai proses atau praktik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 325 responden yang menggunakan rumus slovin, dengan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Metode penentuan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Goodness Of Fit, dan Analisis Regresi Linear Berganda, sedangkan uji kualitas data yang digunakan adalah Uji Instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi.

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. 2004. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual, New Edition, Jakarta: Arga Publishing

Agustian, Ary Ginanjar. 2007. Emotional Spiritual Quotient The ESQ Way 165.Jakarta: Arga Publishing

Akhdan, Nur. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dwijayanti, Pengestu, A. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman akuntansi. Jakarta. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2003 Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hanifah dan Syukriy, Abdullah. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi. Volume 1. No. 3, 63-86.

Idrus, Muhammad. 2003. Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Kieso dan Weygant. 2000. Akuntansi Intermedieate. Jakarta: Binarupa Aksara.

Lesmana, F B. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayan Diri Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Mawardi. M. Cholid. 2011. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntasi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UNISMA) Malang.

Melandy, Rissyo dan Aziza Nurna. 2006. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Kepercayan Diri sebagai Variabel Pemoderasi”. Padang: Jurnal Simposium Nasional Akuntansi IX

Melandy, Risso, dan Widiastuti, Fitri dan Aziza, Nurna. 2007. Sinkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi. Makalah SNA X. Unhas Makassar 26-28 Juli 2007.

Mutia, Atika, 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). e-jurnal. Vol. 3. Universitas Negeri Padang, H:639-654.

Pasek, Nyoman Suadnyana, Dwirandra, Putri. 2015. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Denpasar. ISSN: 2337-3067. 4. 10 (2015): 703-714.

Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Semarang. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suryaningrum, Sri dan Trisnawati, Eka Indah. 2003. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Akuntansi Manajemen. Vol. 6 No. 5, hal 1073-1091.

Diterbitkan
2019-12-20