MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA KONTRIBUSINYA TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar kontribusi motivasi belajar terhadap minat baca siswa kelas V. (2) seberapa besar kontribusi dukungan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V. (3) seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 246 siswa kelas V yang berada di Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling sehingga banyaknya sampel yaitu 146 siswa. Teknik pengumpulan data minat baca, motivasi belajar dan dukungan orang tua menggunakan metode non tes yaitu koesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 52,897 > Ftabel = 3,91 dengan kontribusi sebesar 26,9%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dinyatakan oleh Fhitung = 64,358 > F tabel = 3,91 dengan kontribusi sebesar 3,4%. (3) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 47,625 > Ftabel = 3,06 dengan kontribusi sebesar 40,0%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kajian hasil penelitian yang relevan bagi peneliti lain.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunnurahman. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Yogyakarta.
Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai & Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baruan
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang lebih komprehensif. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.
Tarigan, Guntur Henry. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:CV Angkasa.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group