PENGARUH E-SERVQUAL, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PRODUK BUSANA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

  • Ni Putu Ayu Dewi Fivianty Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasa
  • Ni Wayan Eka Mitariani Manajemen, Falkutas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Manajemen, Falkutas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Kata Kunci: E-servqual, Kepercayaan, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Keputusan Pembelian adalah sikap konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk baik berupa barang atau jasa. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Falkutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling isidental. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 100 orang, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa E-servqual, kepercayaan, dan persepsi harga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian online produk busana melalui media sosial Instagram dikalangan mahasiswa Falkutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Referensi

Malhotra, N. K. (2005). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Pavlou, P. A., & Gefen, D. (2004). Building effective online marketplaces with institution- based trust. Information systems research, 15(1), 37-59.

Kotler, P. Dan Gary Amstrong.(2001). Dasar-Dasar Pemasaran.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Haryanto, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan,

Desain Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 (Studi Kasus Pada Konsumen Kartu IM3 Wilayah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Bath. Baskara.I.P., Hariadi.G. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites) (Studi PadaMahasiswa Di Kota Semarang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, pp : 1-15.

Lontaan, M. S. (2016). Pengaruh preferensi pembelian pakaian melalui media sosial terhadap keputusan pembelian pakaian di kota makasar. Undergraduated thesis,Universitas Hasanuddin, 2016.

Budiadi, N. A. (2009). Analisis Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kebutuhan Sehari Hari. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 2. Cahyadi, I. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Atribut Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap keputusan Pembelian Susu Formula (Studi pada Konsumen Susu Formula SGM di Kota Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Yunda, C. F. P., & Santoso, S. B. (2014). Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Waroeng Cowek Ireng Cabang Tusam Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan
2019-12-20