ANALISIS TRANSFORMASI KALIMAT AFFIRMATIF KE BENTUK KALIMAT NEGATIF DAN TANYA (INTERROGATIVE) DALAM TENSES‘SIMPLE PRESENT TENSE’TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NUSA DUA BALI
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam mengubah kalimat afirmatif menjadi bentuk kalimat negatif dan interogatif dari tenses present present tense. Subjek penelitian ini adalah kelas dua SMP Nusa Dua. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII, penulis menganalisis 35 siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, mengumpulkan tes, menganalisis, dan menafsirkan data. Dalampengumpulandata penulis meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang berfokus dalam mengubah kalimat afirmatif menjadi bentuk negatif dan interogatif dalam tenses simple present present tense.Tes ini berisi 20 pertanyaan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 60% siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan ‘don’t atau doesn’t dalam kalimat negative atau interogatif. Mereka bingung bagaimana menggunakan don’t atau doesn’t. Maka dari itu penulis menyarankan kepada guru pengajar untuk memperdalam penjelasan bagaimana dan kapan mengunakan don’t atau doesn’t.
Referensi
Ansell, M. 2000. Free English Grammar. 2nd edition . Seyfihoca
Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta: Bumi Aksara
Ellis, R. 1994. The Study of Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press
Field, M. 2009. Improve your written English. London How to Books 5th edition, Ltd.
Ghazali, H.A. S. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Malang: Aditama
Harmer, J. nd. The Parctice of English Language Teaching. Fourth Edition. Cambridge: Longman
Lado, M.J. 2008. Memahami Tense Bahasa Inggris. Jakarta : Titik Terang
Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Jakarta: Indonesian Linguistics Development Project.
Thomson, A.J. & Martinet, A.V. 1986. A Practical English Grammar. 4th edition. New York: Oxford University Press.
Yule, G. 2006. The Study of Language. Cambrigde: Cambridge University Press