ERRORS IN USING DICTION OF STUDENTS’ WRITING ACTIVITY OF FACULTY OF FOREIGN LANGUAGE AT MAHASARASWATI UNIVERSITY

  • Putu Subakthiasih Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
  • IGA Vina Widiadnya Putri Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati
Kata Kunci: kesalahan, diction, tulisan siswa

Abstrak

Penenelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih mendalam mengenai kesalahan dalam diction pada aktifitas pembelajaran menulis di Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar. Diction merupakan pemilihan kata, phrase, struktur kalimat dan bahasa figurative dari penulis, yang mana hal tersebut digabungkan untuk membantu menciptakan suatu tulisan yang bermakna. Ricahrds (2002: 157) dalam kamus linguistic menyatakan bahwa diction adalah pemilihan kata yang digunakan oleh penulis untuk menentukan kata yang sesuai dan effektif secara spesific dalam penulisan. Penelitian ini menggunakan qualitatif dengan metode descriptive. Instrument dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari semester pertama dalam pembelajaran menulis pada tahun akademik 2019/2020. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebagaian besar kesalahan disebabkan oleh pengaruh bahasa pertama, penerjemahan dan kurangnya kehati-hatian dalam menulis.

Referensi

Chaer, Abdul. 2007. Linguistic Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Chorini. Nur, Muhammad Sukirlan, Ujung Suparman. 2016. Error Analysis of Students’ Writing Descriptive Text based on Surface Startegy Taxonomy. Lampung: English Department Lampung University.
Ellis, R. 1997. Second language aacquisition. Oxford: Oxford University Press.
Ellis, R. 2002. Learning to learn English. Cambridge: University Press.
Keraf Gorys. 2001. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Laurel. J. Brinton. 2007. The Structure of Modern English: A Linguistic Introduction. Amsterdam: John Benyamin.
Moleong, L. J. 2001. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Richards, Jack C and Richard Schmidt. 2002. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics, 3rd Ed., London: Pearson Education Limited.
Ridwan, Nurlaila. 2015. Analysis to Diction and Lexical Relation toward Editorial in Jakarta Globe. Jakarta : Islamic University Syarif Hidayatullah.
Syams, Nurul Fitrah. 2016. Error Analysis of Word Order Used in Writing Recount Text Made by Students’ at SMKN 1 Pinrang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
Diterbitkan
2019-12-20