PENGARUH TRUST DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS (STUDI PADA KOPERASI ARSA WINANGUN KINTAMANI)
Abstrak
Persaingan bisnis terjadi di seluruh lini bisnis yang ada seperti halnya pada koperasi. Di Bali koperasi
terus bertambah dan berkembang secara pesat. Perkembangan ini turut memengaruhi kinerja koperasi
secara keseluruhan, baik itu anggota, modal dan volume usaha serta asset. Masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana pengaruh trust dan komitmen secara simultan dan parsial terhadap Loyalitas
Nasabah Koperasi Arsa Winangun Kintamani serta variabel manakah diantara trust dan komitmen yang
paling berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah pada Koperasi Arsa Winangun Kintamani.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh trust dan komitmen
secara simultan dan parsial terhadap Loyalitas Nasabah Koperasi Arsa Winangun Kintamani. Jumlah
sampel yang digunakan sebanyak 94 orang nasabah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan
signifikan antara trust dan komitmen secara simultan terhadap loyalitas nasabah pada Koperasi Arsa
Winangun Kintamani dan hasil pengujian secara parsial juga menunjukan bahwa ada pengaruh yang
signifikan antara trust dan komitmen terhadap loyalitas nasabah dan variabel komitmen mempunyai
pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah pada Koperasi Arsa Winangun Kintamani.
Referensi
Darsono, (2010), Manajemen Keuangan, Consultant Accounting, Jakarta.
Delcourt, C., Gremler, D. D., Van Riel, A. C. R., & Van Birgelen, M. (2013). Effects of perceived employee emotional competence on customer satisfaction and loyalty. Journal of Service Management, 24(1), 5–24
Hasibuan, Malayu S.P. (2015), Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Jodi, I.W.G.A Setiawan, Adhika, I.N Resa (2019), Pengaruh Promosi dengan Celebrity Endorse Terhadap Brand Trust dan Minat Beli Konsumen Pada Bidang Usaha Online Shop Pakaian Perempuan di Denpasar (Study Pada Dinda Fashion Bali), Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, Vol.8-1, 12-19
Maria-Eugenia, M., Gil-Saura, I., & Berenguer-Contri, G. (2009). Relational benefits and loyalty in retailing: An intersector comparison. International Journal of Retail & Distribution Management, 37(6), 493–509.
Prayoga, I. M. S., Yasa, N. N. K., & Wardana, M. (2015). Relational Benefits, Kepuasan, Dan Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Pt Honda Dewata Motor. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 11-20.
Priansa, Donni Juni (2017), Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Alfabeta, Bandung.
Rivai, Veithzal (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Rizky Citra Permata, (2017), Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Palembang, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Islam UIN Raden Fatah Palembang.
Sugiyono, (2014), Metode Penelitian Bisnis, Cetakan 9, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
T. Hani Handoko, (2013), Manajemen, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.
Wibowo, (2016), Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Kedua, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Yen, T. F., Liu, H. H. J., & Tuan, C. L. (2009). Managing relationship effort to influence loyalty: An emperical study on the sun link sea forest and recreational park, Taiwan. The International Journal of Organizational Innovation, 2(2), 179–194