IMPLIKATUR CAPTION TOKO DARING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEBERHASILAN PROMOSI

  • Annisa Nur Shabrina Program Studi Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Kata Kunci: implikatur, maksim,, promosi,, word of mouth,, media sosial

Abstrak

Pesatnya pertumbuhan pengguna media sosial merupakan potensi bagi ekonomi digital,
banyak toko daring yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosinya. Promosi
memiliki pengaruh yang sangat besar bagi keberhasilan toko daring di antara persaingan
yang semakin ketat, namun seringkali ditemukan berbagai macam pelanggaran pada
tuturannya. Penelitian ini merupakan lintas disiplin antara ilmu bahasa dan ekonomi. Tujuan
utama penelitian ini adalah untuk mengungkap serta mendeskripsikan implikasi caption
unggahan toko daring dalam kegiatan promosi di media sosial dan dampaknya terhadap
keberhasilan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data
penelitian berupa tuturan yang terdapat dalam caption pada unggahan toko daring di media
sosial. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Data
yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teori prinsip kerjasama Grice dan word of
mouth Sernovitz yang terdiri dari elemen talker, topic, tools, talking part, dan tracking. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa caption toko daring cenderung melanggar maksim relasi dan
implikatur tergolong ke dalam amplified word of mouth sehingga berdampak positif pada
keberhasilan promosi.

Referensi

Allan, K. 2001. Natural Language Semantics. Massachusetts: Blackwell.
Austin, J. L 1955. How to Do Things with Words. London: Oxford University Press
Bogdan, R. C. & Biklen, S. R. 2006. Qualitative Research for Education. London: Pearson Education Inc.
Brown, G. & Yule, G. 1983. Discourse Analysis. New York: Cambridge University Press.
Cakim, I. M. 2010. Implementing Word of Mouth Marketing. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Danesi, M. & Perron P. 1999. Analyzing Cultures. Indiana: Indiana University Press
Dewi, R. P., Rahardi, K., & Setyaningsih, Y. 2018. Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Jakarta: Erlangga
Fawziyyah, S. & Santoso, B. W. J. 2017. Implikatur Percakapan pada Iklan Kosmetik di Televisi: Kajian Pragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), pp 323-330. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/20262/9610
Grice, P. 1975 “Logic and Conversation”, Syntax and Semantic 3: Speech Act. New York: Academic Press
Grice, P. 1989. Studies in The Way of Words. London: Harvard University Press.
Hackley, C. 2005. Advertising & Promotion. London: SAGE Publications.
Hoed, B. 2014. Semiotika & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu
Kamariah. 2015. Pelanggaran Prinsip Kerjasama dan Prinsip Kesantunan serta Implikaturnya dalam Novel Komedi Manusia Setengah Salmon Karya Raditya Dika. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1 (1), pp 158-178. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/75775-ID-pelanggaran-prinsip-kerjasama-danprinsi.pdf
Kotler & Armstrong. 2015. Principles of Marketing. London: Pearson
Kotler & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Leech, G. 1991. Principles of Pragmatic. London: Longman
Levinson, S. 1983. Pragmatics. London: Cambridge University Press
M.S, Mahsun 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan strategi, metode dan tekniknya. Jakarta: Raya Grafindo.
Ningtias, Rohmadi, M., & Suyitno. 2014. Analisis Konteks dan Implikatur pada Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1 (1), pp 1-17. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/54833-ID-analisis-konteks-dan-implikatur-padanov.pdf
Nugraheni, S. O. & Santoso, B. W. J. 2018. The Transgression toward Cooperation Principles, Implicatures, and Social Criticisms of Angkringan TVRI Jogja Humor Discourse. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (3), pp 236-243. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/27116/11842
Nurkesi, E. 2017. Implikatur yang Terungkap dalam Buku Humor Nyentrik Ala Gus Dur. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1 (1), pp 124-137. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/74657-ID-implikatur-yang-terungkap-dalam-bukuhum.pdf
Saeed, J. 1997. Semantics. Oxford: Blackwell Publishers.
Saifullah, A. R. 2018. Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara.
Sernovitz, A. 2009. Word of Mouth Marketing:How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York: Kaplan Publishing.
Sitorus, O. F. & Utami, N. 2007. Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Universitas Muhammadiyah UHAMKA
Sugiyono 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Widiana, Erma Muslichah. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Bandung: Karya Putra Darwati
Yule, G. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press
Diterbitkan
2019-12-20