PENDEKATAN PENDIDIKAN DALAM PENYULUHAN PERTANIAN

  • I Nengah Sudiarta Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
  • Ni Made Intan Maulina Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Dwijendra
Kata Kunci: Pembangunan, pendidikan, penyuluhan, masyarakat, partisipatif

Abstrak

Pembangunan merupakan suatu usaha atau proses perubahan, demi tercapainya tingkat kesejahteraan atau mutu hidup suatu masyarakat yang lebih baik. Dalam membangun pertanian, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia yang tinggi terutama penyuluh pertanian lapangan yang melaksanakan tugas-tugasnya bersama para petani. Pendidikan dalam pembangunan pertanian menjadi suatu komponen yang sangat penting dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian dan juga masyarakat petani. Pendidikan dan pelatihan seorang penyuluh menjadi penting untuk pengembangan pengetahuan dan profesionalismenya. Berdasarkan pendekatan sasaran yang ingin dicapai, terdapat tiga pendekatan pendidikan dalam penyuluhan pertanian, yaitu perorangan, kelompok, dan massal. Kombinasi di antara ketiga pendekatan ini perlu dilakukan guna memperoleh hasil yang efisien dan efektif. Sebagai suatu proses pendidikan, penyuluhan pertanian yang dilakukan agar menerapkan prinsip partisipatif.  Pendekatan pendidikan pertanian yang diperlukan adalah pendidikan partisipatif yang melibatkan peran aktif masyarakat tani dalam proses pembangunan, yaitu mulai dari tahap perencanaan sampai pada evaluasi.

Referensi

Ban, V.D, dan H.S. Hawkins. 1999. Penyuluhan Pertanian. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Djari, 2008. Penyuluh Petanian vs Pertanian Berkelanjutan. www.litbang.deptan.go.id

Hadisapoetro. 1973. Pembangunan Pertanian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Mardikanto, T. 1997. Dasar-Dasar Komunikasi Pembangunan. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Mosher, A.T. 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Jakarta: CV Yasaguna

Saragih, B. 2002. Pembangunan Pertanian Pada Otonomi Daerah. Makalah Seminar Nasional dan Rekonsilasi Mahasiswa Pertanian Se – Indonesia” Studi kritis Pembangunan Pertanian Dalam 2 tahun Otonomi Daerah menuju Kesejahteraan Petani” 22 Mei 2002. BEM FP UGM. Yogyakarta

Slamet, M. 2000. Memantapkan Posisi dan Meningkatkan Peran penyuluhan Pembangunan Dalam pembangunan. Makalah Seminar Nasional Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Menuju Terwujudnya Masyarakat Madani 25-26 September 2000 di IPB.

Diterbitkan
2019-12-20