ENVELOPMENT DATA ANALYSIS DALAM PROSES EFISIENSI PENGEMBANGAN DATA ANTRIAN PADA RUMAH SAKIT
Abstrak
Organisasi yang lebih menekankan pada konsep kepuasan pelanggan akan melakukan berbagai cara untuk memaksimalkan layanan tahap 1, yaitu Front Liner (FL). Sistem layanan yang terkandung dalam jaringan FL tidak dapat dipisahkan dari sistem antrian. Bertindak dari masalah yang disebutkan di atas, saat ini orang dimanjakan dengan fasilitas yang berorientasi pada teknologi. Beberapa organisasi yang berorientasi FL memberikan konsep tambahan dengan sistem teknologi yang berfokus pada konsep antrian. Dalam menerapkan konsep antrian ini, peneliti menganalisisnya menggunakan konsep Envelopment Data Analysis, yang biasa disingkat DEA. DEA digunakan untuk mengukur efisiensi waktu antrian (queue), sehingga dapat menghasilkan data untuk memprediksi waktu antrian. Hingga akhirnya memudahkan pelanggan untuk mendapatkan nomor antrian yang merupakan tahap awal dari proses peningkatan kualitas layanan. Pengembangan konsep lebih difokuskan pada bagaimana penerapan DEA dalam sistem antrian (queue) dengan menggunakan meia online. Penerapat IoT dalam aplikasi pelayanan pelanggan menjadi point penting dalam konsep customer satisfaction.
Referensi
Đorđe, Đ., & Mathias, E. (2010). DATA ENVELOPMENT ANALYSIS FOR ASSESSING THE EFFICIENCY OF. Journal on Processing and Energy in Agriculture.
Hadinata, I., & Manurung, A. H. (2016). PENERAPAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA).
Suseno, B. P. (2008). ANALISIS EFISIENSI DISTRIBUSI PEMASARAN PRODUK DENGAN. Jurnal Penelitian Ilmu Teknik.
Wu, Y., Ke, Y., Xu, C., Xiao, X., & Hu, Y. (2017). Eco-efficiency measurement of coal-fired power plants in China using super. School of Economics and Management, North China Electric Power University.