GAME EDUKASI PENGENALAN JENIS DAN KARAKTERISTIK KELAPA UPAKARA BERBASIS ANDROID

  • I Komang Agus Antara Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia
  • I Nyoman Alit Arsana Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia
Kata Kunci: Android, Game Edukasi, Kelapa Upakara

Abstrak

Di dalam upacara agama Hindu dilengkapi dengan berbagai sarana upacara (upakara). Salah satu sarana upacara yang dipergunakan adalah kelapa (nyuh). Kelapa selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, obat dan kerajinan, daun, bunga serta buah kelapa di Bali diperlukan untuk upacara bagi umat Hindu baik untuk sehari-hari, atau pada hari tertentu. Kelapa upacara di Bali terdiri dari 22 jenis dengan ciri-ciri dari masing-masing kelapa (nyuh) berbeda-beda. Berdasarkan hasil observasi, karakteristik masing-masing kelapa berbeda pada setiap bagian, tidak saja oleh warna kulit buahnya, namun dapat berbeda dari batang dan bentuk dari kelapa tersebut. Pengetahuan kelapa, khususnya agama Hindu di Bali sebaiknya lebih mengenal jenis dan karakteristik kelapa (nyuh) untuk upacara. Banyaknya orang yang memainkan game maka pengembangan game mulai mengarah ke dalam industri game edukasi. Hal ini dimaksudkan selain mendapatkan hiburan dalam bermain game, pemain juga mendapatkan nilai tambah yaitu pengetahuan. Dari hal tersebut terbesit sebuah ide untuk membuat “Game Edukasi Pengenalan Jenis dan Karakteristik Kelapa Upakara Berbasis Android“.Game di rancang menggunakan software pengolah game dan kemudian di ekspor ke dalam bentuk .apk untuk di distribusikan melalui google playstore. Berdasarkan hasil pengujian, game sudah sesuai dengan konsep dan perancangan. Game juga mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat yang sudah mencoba memainkan game tersebut.

Referensi

Martini Dewi, N. P., dan Andriani, K. Della 2018. "Peranan Perempuan Bali dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga melalui Penjualan Sarana Upakara (Studi Kasus Pedagang Sarana Upakara di Pasar Badung)". E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(10). diambil dari https://www.neliti.com/id/publications/44483/peranan-perempuan-bali-dalam-meningkatkan-pendapatan-rumah-tangga-melalui-penjua.
Rifai, W. A. 2015. "Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android Tugas", 6.
Sardiana, I. K., Windia, W., dkk. 2010. Taman Gumi Banten, Ensiklopedi Tanaman Upakara, Revisi. Denpasar: Udayana University Press, diambil dari http://penerbit.unud.ac.id.
Waluyo, T. 2012. "Perancangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 Pada Sekolah Dasar Islam Kauman Kabupaten Pati". Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer, 1(1). https://doi.org/10.0809/SERUNI.V1I1.508.
Diterbitkan
2019-12-20