PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN KEBERMAKNAAN BELAJAR

  • Ni Luh Gede Karang Widiastuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
  • I Putu Edy Purnawijaya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra
Keywords: thematic, local wisdom, learning outcomes, meaningfull learning

Abstract

This research aims to improve the outcomes and meaningfulness of learning by applying thematic design based on local wisdom. This study is a class action research on the Stringer model which carried out in two cycles. Data collection instruments used were question instruments, observation sheets, questionnaires, and documentation. Data analysis was done by a comparative description. The result of the research showed an increase in outcomes and the significance of meaningful learning. It was supported by the thoroughness of thematic learning outcomes in Indonesian language, IPS, and PPKn respectively in the 1st cycle 72,5%, 52,5%, and 65%. The result of the 2nd cycle was 90%, 75%, and 77,5%. Furthermore, the significant increase of learning meaningfulness in categories is shown in 1st cycle which was 87.5% and increased to 95% in 2nd cycle. To conclude, the outcomes and learning meaningfulness of 4th grade SD No. 2 Sesetan are improved by alternative integrative thematic learning based on local wisdom.

References

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017, June). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teching. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Amirudin, A., & Widiati, U. (2017, June). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Anwar, M. F. N., & Ruminiati, S. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa.

Arifin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 16-25.

Aryawan, I. P. E., & Syahruddin, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Dewi, N. W. B. S., Kristiantari, M. R., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2014). Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Dian, I. M., Sumarmi, S., & Santos, A. (2017, June). Pembelajaran Kontektual untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Drake, S. M. (2012). Creating standards based integrated curriculum: the commom core state standards edition. California: Corwin Press A sage Publication.

Martawijaya, M. A. (2015). Buku Fisika Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Dan Ketuntasan Belajar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10(3).

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107-121.

MS, Z. (2014). PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR (ACTION RESEARCH DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR). Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 83-91. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1363

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAYANGHETUM (GAMBAR WAYANG HEWAN DAN TUMBUHAN) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI KELAS IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65-70. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865

Saputri, A. T. W., & Mawardi, M. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendas, 4(2), 104-114.

Sukerti, N. N., Marhaeni, A. N., & Suarni, N. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21-28.

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi k ontruktivistik. Prestasi Pusaka:

Jakarta.

Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.

Yaumi, M., & Damopoli, M. (2014). Action Research Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published
2019-12-20