PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN, TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT GIANYAR
Abstract
Taxes are a source of government funding for national development. The motor vehicle tax is one of the regional taxes whose revenues are regulated by the local government. The government will continue to strive to improve taxpayer compliance in meeting its tax obligations. This study aims to examine the effect of variable service quality tax, awareness of taxpayers, and tax sanctions on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax at the Joint Office of SAMSAT Gianyar. The sampling technique in this research is the nonprobability sampling technique using accidental sampling method, while the data collected through a questionnaire. The number of samples used was 100 respondents. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the variable tax service quality does not affect taxpayer compliance, taxpayer awareness and tax sanctions have a positive and significant effect on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax at the Joint Office of SAMSAT Gianyar.
References
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: BPEE Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen pemasaran. Jilid kedua. (10th ed). Jakarta: Prenhallindo.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi
Novitasari dan Fatmawati. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Gianyar. Jurnal Sains Akuntansi dan Manajemen Vol.1. www.journals.segce.com
Pemerintah Indonesia. 2007. Undang-Undang nomor 28 Tahun 2007 Yang Mengatur Tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Lembaran Negara RI Tahun 1983, No. 49. Sekretariat Negara. Jakarta.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap.
Putri, Ni Putu Sutami. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Biaya Kepatuhan pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Denpasar. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, 2006. Model Hubungan Kasual Kesadaran, Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Penerima Pajak: Suatu Survei di Wilayah Jawa Timur. Jurnal Keuangan Publik, 4 (1): h:105-121.
Utama, Mustika. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Bersama SAMSAT Tabanan. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Utomo, Banyu Ageng Wahyu. 2011. Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Pamulang Kota Tanggerang Selatan. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah.