PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR INFRASTRUKTUR, UTILITAS DAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ni Wayan Etik Septi Virgianthi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti
  • Ni Putu Shinta Dewi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pertumbuhan laba, likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas

Abstract

Di era disrupsi saat ini perusahaan dituntut agar kinerja yang dihasilkan mencapai suatu tujuan yang diinginkan, serta mendorong manajemen perusahaan untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Kinerja perusahaan yang baik dapat dinilai dari tingkat pertumbuhan laba. Pertumbuhan laba adalah perubahan persentase kenaikan laba yang diperoleh oleh perusahaan. Pertumbuhan laba suatu perusahaan dapat meningkat serta menurun dapat disebabkan oleh adanya pengaruh dari rasio keuangan. Rasio keuangan yang diteliti dalam penelitian ini ialah rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio likuiditas yang diukur dengan current ratio, solvabilitas yang diukur dengan debt to equity ratio, aktivitas yang diukur dengan total assets turnover dan profitabilitas yang diukur dengan return on equity terhadap pertumbuhan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 22 perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi dengan total amatan sebanyak 66. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel likuiditas yang diukur dengan current ratio dan profitabilitas yang diukur dengan return on equity berpengaruh positif terhadap pertumbuhan laba sedangkan variabel solvabilitas yang diukur dengan debt to equity ratio dan aktivitas yang diukur dengan total assets turnover tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba.

References

Anggraeni, Z. G. 2017. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar di BEI. Artikel Ilmiah. Program Pendidikan Sarjana Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Surabaya .
Brigham, & Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Gunawan, A., & Wahyuni, S. F. 2014. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis , 13(1).
Indriyani, I. 2015. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya,13(3), 343-358.
Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Depok: Rajawali Pers.
Pradani, A. I. 2018. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan
Asuransi Syariah di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Apel, Surabaya.
Santoso, I. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate Accounting). Buku Dua. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-12-20