PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Accounting understanding is the extent to wich a person ability to understand accounting both as a set of knowledge and as a process or practice. This study aims to determine the effect of intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence, and learning behavior on accounting understanding. The number of samples in this study were 325 respondents who used the slovin formula, with the data used in this study being primary data. The sampling method used in this study is Proportionate Stratified Random Sampling. Data collection methods used are questionnaries and documentation. The data analysis technique used is Descriptive Statistical Analysis, Classic Assumption Test, Goodness of Fit Test, and Multiple Linear Regression Analysis, while the data quality test used is the Validity and Reliability Test. The results showed that the variables of intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence, and learning behavior have a positive effect on accounting understanding.
References
Agustian, Ary Ginanjar. 2004. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual, New Edition, Jakarta: Arga Publishing
Agustian, Ary Ginanjar. 2007. Emotional Spiritual Quotient The ESQ Way 165.Jakarta: Arga Publishing
Akhdan, Nur. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dwijayanti, Pengestu, A. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman akuntansi. Jakarta. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. 2003 Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hanifah dan Syukriy, Abdullah. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi. Volume 1. No. 3, 63-86.
Idrus, Muhammad. 2003. Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Kieso dan Weygant. 2000. Akuntansi Intermedieate. Jakarta: Binarupa Aksara.
Lesmana, F B. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayan Diri Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Mawardi. M. Cholid. 2011. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntasi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UNISMA) Malang.
Melandy, Rissyo dan Aziza Nurna. 2006. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Kepercayan Diri sebagai Variabel Pemoderasi”. Padang: Jurnal Simposium Nasional Akuntansi IX
Melandy, Risso, dan Widiastuti, Fitri dan Aziza, Nurna. 2007. Sinkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi. Makalah SNA X. Unhas Makassar 26-28 Juli 2007.
Mutia, Atika, 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). e-jurnal. Vol. 3. Universitas Negeri Padang, H:639-654.
Pasek, Nyoman Suadnyana, Dwirandra, Putri. 2015. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Denpasar. ISSN: 2337-3067. 4. 10 (2015): 703-714.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Semarang. Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryaningrum, Sri dan Trisnawati, Eka Indah. 2003. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Akuntansi Manajemen. Vol. 6 No. 5, hal 1073-1091.