KOMUNIKASI VERBAL DALAM IKLAN PARIWISATA “THE JOURNEY TO A WONDERFUL WORLD”
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang makna pesan verbal dalam iklan pariwisata yang berjudul “The Journey to A Wonderful World”. Iklan pariwisata yang berjudul “The Journey to a Wonderful World” merupakan salah satu iklan Indonesia terbaik yang ditayangkan sebagai interpretasi keindahan alam dan budaya Indonesia. Dalam iklan yang berdurasi tiga menit ini, dirancang sebagai upaya untuk menarik perhatian dunia pada keindahan alam dan budaya Indonesia. Tanda verbal yang digunakan dalam menyusun sebuah iklan merupakan salah satu peran penting dalam menyampaikan pesan kepada pendengar. Tujuan utama dari pemilihan tanda verbal yang digunakan adalah sebagai upaya untuk menyambung komunikasi antara si pembuat iklan kepada pendengar. Dalam upaya pengumpulan data, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan perekaman dan teknik mencatat. Data kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Semiotik dari Barthes (1998) dan teori makna dari Leech (1974). Dari hasil analisis data maka dapat ditemukan bahwa iklan pariwisata yang berjudul “The Journey to a Wonderful World” menginterpretasikan keindahan alam dan kebudayaan Indonesia secara keseluruhan dengan tanda verbal yang sebagian besar bermakna figurative dan Conotative.
References
Halliday, M.A.K. dan Hasan, Ruqaiya. 1985. Language, Context, and Text:Aspects of Language in a
social-semiotic perspective. Victoria: Deakin University
Kriyantono, Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media
Group, 2008.
Leech, Geoffrey. 1974. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Sobur, A. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
.(Sumber:http://travel.republika.com/2017/09/15/124530327/bangga-indonesia-raih-2-penghargaan-di-kompetisi-video-pariwisata-dunia-unwto, diakses pada8 Maret 2018 pada 10.14Wib)