PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Starting a business is an alternative choice. Entrepreneurship means providing employment for yourself and not need to depend on others. The influence of internal factors and external factors will encourage individuals to become an entrepreneur. This study aims to reexamine the effect of self-efficacy, family economic background, motivation, social environment, social media, and entrepreneurship education on entrepreneurial interest. The sample in this study was 88 students majoring in accounting 2016 Mahasaraswati University Denpasar. Determination of the sample using the simple random sampling method. The analytical tool used is multiple linear regression analysis. The results showed that family economic background, social environment and social media variables had a positive effect on entrepreneurial interest. While the variables of self-efficacy, motivation, and entrepreneurship education do not affect the interest in entrepreneurship.
References
Adhitama, Paulus Patria. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomika dan bisnis UNDIP Semarang). Skripsi. Universitas Diponogoro, Semarang.
Ajzen, I., 2008. Attitudes and Attitude Change. Psychology Press: WD Crano eds
Alfaruk, M. H. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 4(2), 164-172.
Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Amanda, J. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan, Dan Latar Belakang Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(4), 354-366.
Astiti, Yunita Widyaning. 2014. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik. 2019. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan. https://www.bps.go.id
Citradewi, A., & Margunani, M. 2016. Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 519-519.
Dapatermen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Evaliana, Y. 2015. Pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(1), 53-60.
Fatmawati, R. 2018. Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kelima, Cetakan Ke-Empat Belas, Yogyakarta: BPFE.
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset
Koranti, K. 2013. Analisis Pengaruh Faktore eksternal Dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Prosiding PESAT, 5.
Kuntowicaksono. 2012. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Economic Education 1 (1). Pp 45-52.
Listiyani, D. 2015. Pengaruh motivasi wirausaha dan mental wirausaha terhadap mahasiswa menjadi wirausaha muda (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) angkatan 2010 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)(Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Lukmayanti, A. 2012. Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Jasa Boga Di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Lutfiadi, R., & Rahmanto, M. I. 2011. Analisis Peran Pendidikan Kewirausahaan, Kepribadian, dan Lingkungan terhadap Minat Siswa SMK untuk Berwirausaha di Kota Bekasi. CEFARS: JURNAL AGRIBISNIS DAN PENGEMBANGAN WILAYAH, 3(1), 56-65.
Maharani, M., Ali, A. H. N., & Astuti, H. M. 2012. Faktor-Faktor PengaruhMedia Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A567-A572.
Maslow, Abraham H. 2010. Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.
Paulina, I. 2012. Faktor Pendukung terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1).
Retno Budi Lestari dan Trisnandi Wijaya. 2012. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Jurnal. STIE MDP.
Robert . 2008. Kewirausahaan, Edisi 7. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. and A. Judge, Timothy. 2011. Organizational behavior.
Fourteenth Edition. Pearson education. New Jersey 07458. 77-89.
Rosmiati, Junias, dan Munawar. 2015. Sikap, Motivasi, dan Minat Kewirausahaan Mahasiswa. Kupang: online ISSN: 2338-8234.
Setiawan, D., & Sukanti, S. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7).
Sirait, Lilis,s. 2009. Beberapa Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja, laporan penelitian: Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.